Alat yang Digunakan untuk Mengukur Massa Suatu Benda Adalah Neraca

natural-peche.comAlat yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda adalah neraca. Neraca terdiri dari berbagai jenis dan bentuk yang berbeda. Dari segi fungsi semua neraca sama-sama untuk mengukur atau menimbang massa suatu objek. Akan tetapi dilihat dari sisi perbedaannya semua objek yang hendak  ditimbang harus disesuaikan dengan jenis neracanya masing-masing. 

 

Jenis- Jenis Neraca

Neraca mempunyai prinsip keseimbangan di antara kedua sisi. Sisi pertama sebagai beban dan sisi yang lainnya adalah pengukur beban. Penggunaan neraca biasanya sering digunakan di toko atau pasar yang menjual barang atau benda secara kiloan. Beban berat benda yang diukur akan diletakkan di salah satu sisi timbangan.

 

Pada bagian sisi yang lain, posisi anak timbangan sebagai pengukur. Sehingga antara sisi beban dan pengukur terjadi keseimbangan. Berikut ini jenis neraca yang biasa digunakan untuk menimbang satuan massa.

 

  • Neraca Sama Lengan

Neraca sama lengan sering sekali dijumpai di toko jual beli emas. Neraca tersebut mempunyai kegunaan untuk mengukur emas. Neraca ini mempunyai dua piringan dan anak timbangan, yang piringannya berfungsi untuk meletakkan benda atau emas yang akan diukur. Dan  anak timbangan tersebut dijadikan sebagai pembanding satuan besaran.

 

  • Neraca Analog

Neraca jenis ini paling sering digunakan di rumah tangga. Neraca tersebut dioperasikan secara manual tanpa menggunakan arus listrik. Cara menggunakannya, dengan menempatkan benda di tempat yang berada di bagian atas neraca. Kemudian, skala di neraca analog ini akan menunjukkan angka berupa nilai besar suatu massa.

 

  • Neraca Lengan Gantung

Neraca yang satu ini bisa Anda lihat di pasar – pasar untuk menimbang suatu barang. Prinsip kerjanya sama seperti tuas, yaitu benda yang ingin diukur massanya harus digantung atau diletakkan pada gantungan yang terdapat di bagian pengait alat tersebut.

 

Untuk menjaga supaya tetap seimbang dan sejajar, maka Anda perlu menggeser beban pemberat tersebut supaya bisa memperlihatkan massa yang ingin Anda ketahui.

  • Neraca Ohauss

Neraca ohauss mempunyai tingkat ketelitian hingga ke 0,1 gram. Seperti alat ukuran panjang, terdapat skala di alat neraca ohauss yang berfungsi untuk membaca ukuran massa suatu barang atau benda. Neraca ohauss memiliki tiga skala, yaitu skala ratusan gram, skala puluhan gram, dan skala satuan gram.

 

  • Neraca Pegas

Neraca pegas merupakan alat salah pengukuran massa yang biasanya digunakan di laboratorium fisika. Neraca ini mempunyai kemampuan untuk menimbang suatu benda yang tidak begitu berat atau ringan. 

 

  • Neraca Digital

Neraca digital sering disebut sebagai neraca elektronik. Neraca ini merupakan alat ukur otomatis yang hasil nilai massa dari benda jauh lebih akurat. Tingkat ketelitiannya bisa mencapai, 0,001 gram, sehingga neraca jenis digital ini paling banyak dan paling sering digunakan untuk penelitian di laboratorium.

Baca Juga : Tips Cara Nembak Wanita Agar Diterima

 

Jenis alat yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda adalah keenam jenis neraca yang sudah dijelaskan di atas. Semuanya mempunyai fungsi untuk menimbang massa semua benda yang hendak Anda ingin ketahui ukurannya. Anda dapat memilih neraca mana yang paling tepat untuk digunakan mengukur benda milik Anda.